Laporan Praktikum : UJI FOTOSINTESIS


A.    Judul       : Fotosintesis
B.     Tujuan    : Mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis dan
                 Membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan gas oksigen

C.     Dasar Teori
Dilihat dari organel yang menyusun sel hewan maupun sel tumbuhan, terdapat perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan ini. Organel yang umumnya tidak dimilki oleh sel hewan, namun dimilki oleh sel tumbuhan adalah kroloplas. Organel kroloplas adalah bagian dari organel plastida yang mengandung krolofil. Organel ini memungkinkan tumbuhan untuk memproduksi makanannya sendiri (autotrof). Secara kasar krolofil berfungsi dalam pembentukan makanan. Proses pembentukan makanan (energi) ini sering disebut dengan istilah fotosintesis (foto= cahaya, sintesis = penyusun). Fotosintesis adalah suatu mekanisme penyusunan energi pada tanaman berkrolofil dengan bantuan cahaya matahari.
Proses fotosintesis terbagi atas dua tahapan yaitu tahap reaksi terang dan tahap reaksi gelap. Reaksi terang adalah reaksi yang membutuhkan energi cahaya, khusunya cahaya matahari sedangkan reaksi gelap adalah suatu reaksi yang tidak membutuhkan cahaya matahari.
Cahaya yang dapat dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk melangsungkan proses fotosintesis adalah cahaya (sinar) tampak. Jenis sinar ini memilki panjang gelombang yang berbeda – beda, dari sinar merah, (panjang gelombang terbesar), hingga sinar ungu (panjang gelombang terpendek), perbedaan panjang gelombang memberikan pengaruh yang berbeda pula terhadap proses fotosintesis.
Selain cahaya matahari, proses fotosintesis juga dipengaruhi oleh jumlah CO2, keadaan lingkungan tempat tumbuhan itu hidup,misalnya saja suhu.



D.    Alat dan Bahan

1.      Gelas kimia
2.      Corong kaca kecil
3.      Tabung reaksi
4.      Thermometer
5.      Baskom plastik/ember kecil
6.      Tumbuhan hydrilla verticilata
7.      Lidi dan korek api


E.     Cara Kerja

1.      Merangkai alat dan bahan seperti gambar di bawah ini, dengan catatan tabung reaksi harus dalam keadaan penuh berisi air (jangan ada rongga udara). Pemasangan perangkat dilakukan dalam air.






2.      Mengatur perangkat percobaan sebagai berikut;
a.       Perangkat yang pertama diletakkan di tempat terang. Amati!
b.      Setelah data dimasukkan dalam table, buatkah perangkat kedua yang diletakkan di tempat gelap (dalam ruangan).
3.      Mengamati setelah 20 menit, mencatat hasil pengamatan pada table hasil pengamatan.

F.      Hasil Pengamatan
No
Perlakuan
Jumlah Gelembung
Keadaan Bara Api
1
Tempat Gelap
-
-
2
Tempat Terang
+++
v




Keterangan:
1.      Jumlah gelembung : - bila tidak ada; + bila sedikit; ++ bila sedang; +++ bila      banyak.
2.      Keadaan nyala api  : - bila padam ; v bila menyala

G.    Pembahasan
Gelembung yang dihasilkan pada percobaan itu merupakan gas oksigen/O2. Gas ini terbentuk karena proses fotolisis dimana air diuraikan menjadi gas oksigen yang akan muncul berupa gelembung-gelembung dengan persamaan reaksi sebagai berikut:
2H2O → 4H+ + O2
Dari persamaan tersebut nampak dihasilkan molekul gas O2 dari penguraian air.
Pada gelas yang diletakkan di tempat dengan intensitas cahaya gelap, proses fotosintesisnya ternyata lambat (diketahui dari sedikitnya jumlah gelembung yang dihasilkan). Hal ini terjadi karena walaupun di dalam air terdapat CO2 terlarut tetapi energi yang tersedia (cahaya) untuk melakuan proses fotosintesis oleh hydrilla sangat sedikit. Sehingga, walaupun ada bahan baku, tetapi bila energi untuk mengolah tidak ada maka tidak akan terbentuk hasil.
Pada gelas dengan kondisi terang (tempat terkena cahaya matahari langsung), proses fotosintesis berjalan cepat karena pada air sebenarnya telah terdapat sejumlah CO2 terlarut dan mendapat energi yang banyak untuk melakukan proses fotosintesis tersebut. Sehingga menimbulkan gelembung udara yang banyak.
Dari hasil percobaan, tanaman Hydrilla verticillata pada tempat terang corong mengeluarkan gelembung-gelembung udara. Gelembung-gelembung ini terkumpul pada dasar tabung reaksi yang dalam keadaan terbalik, sehingga membentuk rongga udara. Gas yang terkumpul ini akan diuji coba dengan menggunakan bara api dari lidi. Seperti yang diketahui, api dapat menyala jika ada oksigen disekitarnya. Untuk membuktikan apakah gelembung udara yang terkumpul tersebut mengandung oksigen, maka praktikan memasukkan bara api dari lidi ke mulut tabung reaksi. Ketika bara api dari lidi dimasukkan, ternyata bara api tersebut menyala(mengeluarkan api). Hal tersebut membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis gas yang dihasilkan adalah oksigen. Ini ditunjukan dengan menyalanya bara api yang didekatkan dengan mulut tabung reaksi yang berisi gas hasil dari fotosintesis. 

H.    Pertanyaan
1.      Berdasarkan kegiatan diatas, tentukan
a.       Variable bebasnya
b.      Variable terikat
c.       Variable terkontrolnya
2.      Perlakuan mana yang menghasilkan gelembung udara lebih banyak? mengapa?
3.      Gelembung gas apakah yang dihasilkan dari percobaan tersebut? Bagaimana cara membuktikannya
4.      Apakah fungsi gas Co2 dalam fotosintesis?


I.       Jawaban Pertanyaan
J.        
1.      A . variable bebas :  di letakkan di tempat gelap ( tidak terkena cahaya)
                                 di letakkan di tempat terang ( terkena cahaya)
B. variable terikat :   berapa banyak gelembung oksigen yang muncul
                                  Bagaimana keadaan bara api  
C. variable terkontrol : -   masing-masing diamati selama 20 menit
-        Masing-masing hydrilla di rangkai seperti di gambar
-        Masing-masing setelah di amati selama 20 menit lalu airnya di bakar dengan bara api

2.      Perlakuan yang di letakkan di tempat terang. Karena cahaya adalah sumber energi alami yang digunakan untuk berfotosintesis dan  akan menghasilkan gelembung-gelembung udara atau oksigen.

3.      Gelembung O2 (oksigen) . membuktikannya dengan Untuk membuktikan apakah gelembung udara yang terkumpul tersebut mengandung oksigen, maka praktikan memasukkan bara api dari lidi ke mulut tabung reaksi. Ketika bara api dari lidi dimasukkan, ternyata bara api tersebut menyala(mengeluarkan api). Hal tersebut membuktikan bahwa dalam proses fotosintesis gas yang dihasilkan adalah oksigen. Ini ditunjukan dengan menyalanya bara api yang didekatkan dengan mulut tabung reaksi yang berisi gas hasil dari fotosintesis. 

4.      Berfungsi sebagai proses pembentukan karbohidrat dengan bantuan air dan sinar matahari.Faktor kadar CO2 terlarut yang melimpah akan mengakibatkan proses fotosintesis berjalan dengan cepat karena CO2 merupakan bahan baku dari proses fotosintesis.



K.    Kesimpulan
Pada percobaan fotosintesis ini dapat ditarik beberapa kesimpulan, yaitu :
    Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan zat makanan atau energi yaitu glukosa yang dilakukan tumbuhanalga, dan beberapa jenis bakteri dengan menggunakan zat hara, karbondioksida, dan air serta dibutuhkan bantuan energi cahaya matahari

L.     Daftar Pustaka




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan praktikum : UJI ENZIM KATALASE

RPP PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED

makalah strategi,metode, teknik, model pembelajaran seni tari di SD