RPP PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED
Satuan
Pendidikan : __________________________________
Kelas
/ Semester : II / 1
Tema
3 : Tugasku sehari-hari
Sub
Tema 1 : Tugasku Sehari-hari di Rumah
Pembelajaran
Ke : 1
A.
KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
4.3 Mengungkapkan teks
buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian
PPKn
3.2
Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Matematika
3.5
Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan
sekitar
SBdP
4.11 Menirukan gerak bermain,berkebun, bekerja
melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung
atau melalui media
B.
INDIKATOR PENCAPAIAN
KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
4.3.1
Menulis buku teks harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat
PPKn
3.2.1
Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2
Menunjukkan contoh prilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari
Matematika
3.5.1
Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu
SBdP
4.11.1
Mengidentifikasi bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
4.11.2
Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan
berdasarkan pengamatan secara langsung
atau melalui media
C.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Dengan
menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan beberapa aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
2.
Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat
menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
3.
Dengan
memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam
kehidupan sehari-hari dengan cermat.
4.
Dengan mengamati media gambar berbagai
gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan ,
tangan dan kaki dengan percaya diri.
5.
Dengan
melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat berperilaku yang sesuai
dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan
disiplin.
6.
Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat
menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara
cermat.
7.
Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan
di rumah, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan
EYD yang tepat secara cermat.
D.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari
hari di rumah.
2.
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan seharihari.
3.
Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan, tangan,
dan kaki.
4.
Menuliskan waktu tertentu yang berkaitan dengan jam.
5.
Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD
yang tepat
E.
METODE
PEMBELAJARAN
Pendekatan :
Saintifik
Metode :
Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab,
penugasan dan ceramah, bermain peran
F.
MEDIA
DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.
Buku
2.
Video
kegiatan di rumah
3.
LKS
C.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Pendahuluan
|
v
Guru memberikan salam dan mengajak
semua siswa berdo’a
v
Guru mengecek kesiapan diri dengan
mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v
Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku sehari-hari”.
v
Guru memerintahkan siswa
untuk bernyayi ” bangun tidur ku terus mandi”
v
Guru menyampaikan tahapan
kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengomunikasikan dan menyimpulkan.
|
Inti
|
v
Siswa diajak
mengidentifikasi berbagai kegiatan di Rumah (mengkomunikasikan).
v
Guru menanyangkan tayangan video
tentang berbagai kegiatan di rumah (mengamati).
v
Siswa menanya tentang video yang
ditampilkan tentang kegiatan di rumah (menanya).
v
Siswa menanya kepada temannya secara
berpasangan untuk Tanya-jawab tentang
kegiatan temannya dirumah
v
Siswa maju ke depan menjelaskan tentang kegiatan
temannya dirumah (mengkomunikasikan).
v
Siswa menyebutkan beberapa
aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam kehidupan sehari- hari
di rumah (mengasosiasikan).
v
Siswa menunjukkan beberapa
contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah (mengomunikasikan)
v
Guru membimbing siswa untuk
mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara
bergantian dengan percaya diri.
v
Siswa mempraktikkan beberapa
tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian.
(mengasosiasikan)
v
Siswa mengingat kembali
gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah seperti gerakan
setelah bangun tidur (mengasosiasikan).
v
Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak
dalam kehidupan sehari-hari(mengasosiasikan)
v
Guru membimbing siswa untuk
menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan disiplin.
v
Siswa menirukan gerakan
bermain melalui gerakan kepala (mengumpulkan informasi).
v
Siswa menirukan gerakan
bermain melalui gerakan badan (mengumpulkan informasi).
v
Siswa menirukan gerakan
bermain melalui gerakan tangan (mengumpulkan informasi).
v
Siswa menirukan gerakan
bermain melalui gerakan kaki (mengumpulkan informasi).
v
Siswa menulis yang
dirasakannya ketika bangun tidur setelah melakukan gerakan kepala, badan,
tangan, dan kaki (mengomunikasikan).
v
Siswa menulis perbedaan
antara melakukan gerakan sesudah bangun tidur dengan tidak melakukan gerakan
(mengasosiasi).
v
Siswa menyebutkan kegiatan
sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu (mengomunikasikan).
v
Siswa menulis teks buku
harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat (mengomunikasikan).
|
Penutup
|
v
Bersama-sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v
Bertanya
jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil
ketercapaian materi)
v
Guru
memberi kesempatan kepada siswa untuk
menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
v
Guru memberikan penguatan dan
penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
v
Guru melakukan penilaian
hasil belajar
v
Mengajak
semua siswa berdo’a
|
Mengetahui
Kepala Sekolah,
( ___________________ )
NIP ..................................
|
|
Guru Kelas 2
( ___________________ )
NIP ..................................
|
Komentar
Posting Komentar