RPP PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED

Satuan Pendidikan            :     __________________________________
Kelas / Semester                :     II / 1
Tema 3                              :     Tugasku sehari-hari
Sub Tema 1                       :     Tugasku Sehari-hari di Rumah
Pembelajaran Ke               :     1
Alokasi Waktu                  :     1 x Pertemuan ( 6 x 35 menit)


A.          KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
4.3 Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian 
PPKn
3.2 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
Matematika
3.5 Mengenal satuan waktu dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar
         SBdP
4.11  Menirukan gerak bermain,berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau melalui media

B.           INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Bahasa Indonesia
4.3.1 Menulis buku teks harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat

PPKn
3.2.1 Menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah
3.2.2 Menunjukkan contoh prilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari
Matematika
3.5.1 Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu
SBdP
4.11.1 Mengidentifikasi bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari
4.11.2 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung  atau melalui media

C.           TUJUAN PEMBELAJARAN
1.      Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menyebutkan beberapa aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
2.       Dengan menanya teman sebangku, siswa dapat menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
3.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan cermat.
4.       Dengan mengamati media gambar berbagai gerakan, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, badan , tangan dan kaki dengan percaya diri.
5.      Dengan melakukan gerakan yang telah dipelajari, siswa dapat berperilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
6.       Dengan mengamati gambar jam, siswa dapat menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu secara cermat.
7.       Dengan memperhatikan gambar tentang kegiatan di rumah, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara cermat.



D.          MATERI PEMBELAJARAN
1.      Menyebutkan   beberapa   aturan   yang   berlaku   dalam   kehidupan   sehari­ hari   di  rumah. 
2.      Mengidentifikasi   berbagai   bentuk   gerak   dalam   kehidupan   sehari­hari. 
3.      Menirukan   gerakan   bermain   melalui   gerakan   kepala,   badan,   tangan,    dan   kaki. 
4.      Menuliskan   waktu   tertentu   yang   berkaitan   dengan   jam. 
5.      Menulis   teks   buku   harian   tentang   kegiatan   keluarga   dengan   EYD    yang   tepat

E.           METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan :  Saintifik 
Metode : Permainan/simulasi,   diskusi,   tanya   jawab,  penugasan   dan   ceramah, bermain peran

F.            MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.      Buku
2.      Video kegiatan di rumah
3.      LKS
C.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Pendahuluan
v Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
v Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Tugasku sehari-hari”.
v Guru memerintahkan siswa untuk bernyayi ” bangun tidur ku terus mandi”
v Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.

Inti
v Siswa diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan di Rumah (mengkomunikasikan).
v Guru menanyangkan tayangan video tentang berbagai kegiatan di rumah (mengamati).
v Siswa menanya tentang video yang ditampilkan tentang kegiatan di rumah (menanya).
v Siswa menanya kepada temannya secara berpasangan untuk Tanya-jawab  tentang kegiatan temannya dirumah
v Siswa  maju ke depan menjelaskan tentang kegiatan temannya dirumah  (mengkomunikasikan).
v Siswa menyebutkan beberapa aturan yang berlaku berkaitan dengan tugas teman dalam kehidupan sehari- hari di rumah  (mengasosiasikan).
v Siswa menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah (mengomunikasikan)
v Guru membimbing siswa untuk mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian dengan percaya diri. 
v Siswa mempraktikkan beberapa tugas yang dilakukan di rumah ke depan kelas secara bergantian. (mengasosiasikan)
v Siswa mengingat kembali gerakan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah seperti gerakan setelah bangun tidur (mengasosiasikan).
v  Siswa mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari(mengasosiasikan)
v Guru membimbing siswa untuk menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala dengan disiplin.
v Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala (mengumpulkan informasi).
v Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan badan (mengumpulkan informasi).
v Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan tangan (mengumpulkan informasi).
v Siswa menirukan gerakan bermain melalui gerakan kaki (mengumpulkan informasi).
v Siswa menulis yang dirasakannya ketika bangun tidur setelah melakukan gerakan kepala, badan, tangan, dan kaki (mengomunikasikan).
v Siswa menulis perbedaan antara melakukan gerakan sesudah bangun tidur dengan tidak melakukan gerakan (mengasosiasi).
v Siswa menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu (mengomunikasikan).
v Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat (mengomunikasikan).
Penutup
v Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari
v Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
v Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
v Guru melakukan penilaian hasil belajar
v Mengajak semua siswa berdo’a



Mengetahui
Kepala Sekolah,



( ___________________ )
NIP ..................................


Guru Kelas 2



( ___________________ )
NIP ..................................



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan praktikum : UJI ENZIM KATALASE

makalah strategi,metode, teknik, model pembelajaran seni tari di SD